Panduan Workshop Penulisan Jurnal Guru Dikdas Berprestasi
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
DIREKTORAT JENDERAL GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DIREKTORAT PEMBINAAN GURU PENDIDIKAN DASAR
2017
No | Pengesahan | Pejabat | Tanggal | Tanda Tangan |
1 | Reviu |
|
|
|
2 | Verifikasi |
|
|
|
3 | Validasi |
|
|
|
KATA PENGANTAR
Dalam upaya melakukan pembinaan dan peningkatan kompetensi guru, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar (Dit. Pembinaan Guru Dikdas) menyelenggarakan publikasi karya ilmiah guru Dikdas hasil Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran dan Perlombaan Guru Berprestasi dalam bentuk jurnal. Hal ini juga merupakan salah satu upaya pengembangan keprofesian guru berkelanjutan, sekaligus sebagai wujud kepedulian pemerintah agar guru selalu berusaha menulis dan mendiseminasikan karya ilmiah tentang pembelajaran untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran.
Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menindaklanjuti karya tulis yang dihasilkan melalui Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran dan Perlombaan Guru Berprestasi tahun 2016. Pelaksanaan workshop ini merupakan upaya untuk meningkatkan kompetensi profesional bagi Guru Dikdas khsusnya dalam penulisan artikel ilmiah yang layak untuk diterbitkan dalam jurnal ilmiah skala nasional. Publikasi karya ilmiah melalui jurnal tersebut diharapkan dapat menyebarluaskan infomasi dan praktik baik berdasarkan metode ilmiah guna memecahkan permasalahan dalam proses dan hasil belajar sehingga terjadi peningkatan mutu pembelajaran.
Panduan ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi panitia penyelenggara, narasumber, peserta dan Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen. GTK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam pelaksanaan Workshop Penulisan Jurnal Guru Dikdas secara efektif dan efisien.
Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini, dengan harapan semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan.
Jakarta, ……… 2017
Direktur Pembinaan Guru Dikdas,
Poppy Dewi Puspitawati
NIP. 196305211988032001
DAFTAR ISI
E. PENDEKATAN, STRATEGI DAN METODE
BAB I PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Pemerintah berupaya meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah melalui berbagai program. Guru sebagai aktor utama peningkatan mutu pembelajaran di sekolah terus dilibatkan dalam berbagai program yang bermuara pada peningkatan mutu tersebut. Pada tahun 2016, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, dalam upaya peningkatan mutu telah melaksanakan program Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran dan Lomba Guru Berprestasi untuk jenjang pendidikan dasar.
Salah satu aspek yang dinilai dalam Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran dan Lomba Guru Berprestasi ialah karya tulis ilmiah. Karya tulis ilmiah tersebut berisi hasil penelitian dan kajian ilmiah terkait pembelajaran yang telah dilakukan oleh guru peserta perlombaan tersebut. Dalam karya ilmiah tersebut terkandung informasi ilmiah yang menarik dan perlu disebarluaskan kepada guru lainnya sehingga inovasi pembelajaran dan hasil kajian/penelitian guru dapat menginspirasi, memotivasi dan ditiru oleh guru lainnya di Indonesia. Untuk memastikan bahwa karya tulis yang di diseminasikan sesuai dengan kaidah publikasi ilmiah, maka diperlukan upaya publikasi dalam jurnal yang dikelola dengan baik oleh Kemendikbud.
Menulis karya ilmiah dalam bentuk artikel yang akan dipublikasikan melalui jurnal membutuhkan keterampilan khusus yang dapat diperoleh melalui pelatihan atau workshop. Terlebih lagi bagi guru yang pada umumnya belum terbiasa menulis artikel untuk diterbitkan pada jurnal ilmiah, maka diperlukan pelatihan atau workshop khusus. Demikian pula bagi guru finalis Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran dan finalis Lomba Guru Berprestasi, diperlukan workshop khusus agar karya tulis yang dihasilkan layak untuk dipublikasikan dalam jurnal ilmiah.
Selain untuk menyebarluaskan inovasi dan hasil kajian/penelitian ilmiah para finalis Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran dan Finalis Perlombaan Guru Dikdas Berprestasi, publikasi karya ilmiah merupakan wujud penghargaan kepada para guru yang inovatif dan berprestasi tersebut. Lebih lanjut, publikasi melalui jurnal tersebut dapat digunakan sebagai salah satu aspek penilaian dalam pengembangan karir.
Atas dasar itu, maka kegiatan workshop penulisan artikel jurnal ini menjadi penting untuk dilaksanakan di tahun 2017, memotivasi para guru di Indonesia untuk memberikan sumbangan pemikiran dalam bentuk tuisan ilmiah di masa yang akan datang.
B. DASAR HUKUM
1. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;
3. Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Pemerintah No. 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan;
4. Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru;
5. Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2015 tentang Organisasi Kementerian Negara;
6. Peraturan Presiden Nomor 14 Tahun 2015 tentang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;
7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru;
8. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 61 Tahun 2014 tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah;
9. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Menengah;
10. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 104 Tahun 2014 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik pada Pendidikan Dasar dan Menengah;
11. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 11 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan;
12. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2015 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2015-2019;
13. DIPA Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Tahun Anggaran 2017 dengan Nomor: ………………………… tanggal ………;
14. Surat Keputusan Direktur Pembinaan Guru Dikdas Nomor ………….. tanggal …………… tentang Workshop Perlombaan Penulisan Jurnal Guru Dikdas.
C. TUJUAN
Tujuan pelaksanaan kegiatan ini:
1. Memotivasi Guru Dikdas dalam melakukan publikasi karya ilmiah dalam bentuk jurnal;
2. Memotivasi Guru Dikdas dalam mengembangkan karir melalui publikasi karya ilmiah dalam bentuk jurnal;
3. Meningkatkan kualitas publikasi karya ilmiah para Guru Dikdas dalam bentuk jurnal;
4. Meningkatkan diseminasi karya ilmiah pembelajaran pada lingkup nasional;
5. Memberikan penghargaan kepada peserta yang karya ilmiahnya memenuhi syarat untuk mengikuti dimuat dalam bentuk jurnal ilmiah.
D. SASARAN
Peserta Workshop adalah Guru Dikdas finalis lomba inovasi pembelajaran dan guru berprestasi tahun 2016 yang karya ilmiahnya telah terpilih.
E. RUANG LINGKUP
1. Materi umum berupa kebijakan-kebijakan pemerintah tentang publikasi karya ilmiah bagi Guru Dikdas dalam bentuk jurnal.
2. Materi pokok berupa pengenalan jurnal dan pengelolaannya, teknik penulisan artikel ilmiah, penggunaan bahasa dalam artikel ilmiah, gaya selingkung, dan plagiarisme;
3. Materi penunjang berupa rencana tindak lanjut, coaching clinic (perbaikan karya karya ilmiah) untuk dikirimkan kembali kepada pengelola jurnal Dikdas Kemendikbud.
F. HASIL YANG AKAN DICAPAI
Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah:
1. Artikel ilmiah karya Guru Dikdas yang layak diterbitkan dalam bentuk jurnal.
2. Meningkatnya kemampuan Guru Dikdas dalam menyusun karya ilmiah sesuai dengan ketentuan jurnal ilmiah.
3. Meningkatnya motivasi dan kepercayaan diri Guru Dikdas untuk untuk mempublikasikan karya ilmiahnya dalam bentuk jurnal;
4. Terpublikasikan karya ilmiah Guru Dikdas Finalis Lomba Inovasi Pembelajaran dan Guru Berprestasi tahun 2016 dalam bentuk jurnal.
G. DAMPAK
Dampak yang ingin dipetik melalui Workshop Penulisan Jurnal Guru Dikdas Berprestasi, yaitu:
1. Meningkatnya kompetensi profesional dan kompetensi pedagogik guru;
2. Meningkatnya kualitas cara penulisan dan substansi karya ilmiah sesuai ketentuan penulisan jurnal Dikdas Kemendikbud;
3. Meningkatnya kualitas dan kuantitas karya tulis ilmiah yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah;
4. Meningkatnya citra Perlombaan Karya Inovasi Pembelajaran dan Perlombaan Guru Berprestasi tingkat SD dan SMP;
5. meningkatnya citra Guru Dikdas secara nasional
6. meningkatnya kompetensi dan profesionalisme Guru Dikdas;
7. meningkatnya daya saing Guru Dikdas;
8. meningkatnya mutu pendidikan SD dan SMP;
9. meningkatnya mutu pendidikan nasional.
BAB II PELAKSANAAN
A. TEMPAT DAN WAKTU
Workshop Perlombaan Karya Publikasi Ilmiah (JURNAL) DIKDAS ini dilaksanakan mulai tanggal ...... sampai dengan .... 2016 bertempat di Hotel ......................
B. NARASUMBER
Narasumber pada Workshop Perlombaan Karya Publikasi Ilmiah (JURNAL) untuk DIKDAS ini terdiri atas unsur:
1. Perguruan Tinggi;
2. Pengelola Jurnal Terakreaditasi
3. Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi, Kemendikbud.
C. JADWAL
Jadwal Workshop Perlombaan Karya Publikasi Ilmiah (JURNAL) bagaimana terlampir
D. STRUKTUR PROGRAM
NO | MATA SAJIAN | JAM PELAJARAN |
A | PROGRAM UMUM |
|
1 | Kebijakan Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar | 2 |
B | PROGRAM POKOK |
|
1 | Jurnal dan Pengelolaannya | 6 |
2 | Teknik Penulisan Artikel Ilmiah | 6 |
3 | Peggunaan Bahasa Dalam Artikel Ilmiah | 5 |
4 | Gaya Selingkung | 4 |
5 | Plagiarisme | 5 |
C | PROGRAM PENUNJANG |
|
1 | Rencana Tindak Lanjut | 2 |
2 | Coaching Clinic | 4 |
3 | Penutupan | 2 |
TOTAL | 36 |
E. PENDEKATAN, STRATEGI DAN METODE
Pendekatan workshop dilakukan dengan membangun motivasi dan kemampuan peserta untuk memperbaiki karya publikasi ilmiah. Strategi workshop dilaksanakan melalui pembelajaran langsung dengan choaching clinik. Metode yang akan digunakan selama workshop, yaitu:
1. Ceramah dilakukan untuk menyampaian materi-materi yang bersifat teoretik-konseptual;
2. Tanya jawab dilakukan untuk mengklarifikasi dan mempertajam pemahaman materi yang disajikan;
3. Diskusi dilakukan guna memberi peluang kepada peserta untuk memperdalam materi, menyamakan persepsi, dan mencari solusi terhadap permasalahan yang ada, terkait dengan materi yang dibahas;
4. Penugasan dilakukan sebagai wahana untuk latihan dalam rangka memperdalam penguasaan peserta terhadap materi yang dibahas.
5. Presentasi dilakukan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam mempresentasikan materi.
F. SKENARIO KEGIATAN
G. PANITIA
Panitia penyelenggara dalam kegiatan ini adalah staf pada Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
H. PENDANAAN
Pembiayaan Workshop Perlombaan Karya Publikasi Ilmiah (Jurnal) Diknas kepada mata Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun Anggaran 2017 Nomor: SP DIPA- .............
BAB III PENUTUP
Kegiatan Workshop Penulisan Jurnal Guru Dikdas merupakan salah satu upaya Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar dalam meningkatkan kemampuan profesional guru, khususnya dalam penulisan artikel ilmiah. Peserta workshop dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan penulisan artikel ilmiah sehingga karyanya layak diterbitkan dalam jurnal ilmiah nasional.
Panduan Workshop penulisan jurnal guru dikdas ini dapat dimanfaatkan oleh peserta, fasilitator, narasumber, panitia, dan seluruh pihak terkait dalam melakukan tugasnya masing-masing. Dengan demikian, kegiatan Workshop Penulisan Jurnal Guru Dikdas ini dapat berjalan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.
Kami mengucapkan selamat bekerja kepada para Narasumber dan seluruh Peserta dan semoga panduan kegiatan ini dapat menjadi pedoman dalam melaksanakan kegiatan ini.
LAMPIRAN I
TATA TERTIB ADMINISTRASI, AKADEMIS
SERTA AKOMODASI DAN KONSUMSI
A. Tata Tertib Administrasi
Peserta segera melapor kepada panitia penyelenggara dan menyerahkan berkas kelengkapan administrasi yang terdiri dari:
1. Surat Tugas dan SPD yang ditandatangani oleh atasan langsung yang bersangkutan;
2. tiket pesawat kelas ekonomi, boarding pass dan airport tax atau bukti perjalanan lain; dan
3. menyerahkan kelengkapan lain yang berkaitan dengan kegiatan.
B. Tata Tertib Akademis
1. Peserta diwajibkan mengikuti seluruh kegiatan yang telah ditetapkan dari awal sampai akhir, sebagaimana tercantum pada jadwal kegiatan pada buku panduan.
2. Peserta diwajibkan mengisi daftar hadir pada setiap sesi kegiatan sebelum acara dimulai.
3. Peserta harus hadir 10 (sepuluh) menit sebelum acara / kegiatan dimulai.
4. Peserta diwajibkan berpakaian rapih dan sopan selama mengikuti kegiatan dengan ketentuan: untuk peserta pria diwajibkan memakai kemeja/batik, sedangkan untuk peserta wanita berpakaian bebas rapih.
5. Keperluan mengenai pelayanan dan atau materi akademik akan diberikan oleh panitia.
6. Pada saat kegiatan berlangsung (di dalam ruangan), seluruh peserta / nara sumber / fasilitator, dan panitia dilarang merokok dan menghidupkan nada dering telepon seluler.
C. Tata Tertib Akomodasi dan Konsumsi
1. Peserta wajib menerima pengaturan tempat yang telah ditentukan oleh panitia penyelenggara.
2. Apabila menerima tamu, peserta harus melapor kepada panitia penyelenggara atau security dan tidak diperkenankan menerima tamu di dalam kamar.
3. Apabila hendak meninggalkan tempat, peserta wajib meminta izin panitia / petugas di sekretariat dan menyerahkan kunci pada resepsionis.
4. Jika meninggalkan kamar, baik waktu mengikuti kegiatan maupun keperluan lainnya, peserta diharapkan menyimpan barang-barang berharga sebaik mungkin, mematikan lampu, dan mengunci kamar.
5. Peserta harus mengetahui jadwal penyediaan konsumsi dan snack sebagaimana yang disediakan di ruang makan.
6. Bagi peserta yang mempunyai alergi makanan, diharapkan segera melapor kepada panitia.
7. Apabila di antara peserta ada yang sakit, agar segera menghubungi sekretariat / panitia untuk segera diberikan pertolongan.
8. Peserta diharapkan ikut menjaga dan memelihara kebersihan kamar, baik perlengkapannya maupun lingkungannya.
9. Hal lain yang belum tercantum dalam tata tertib ini dapat dimusyawarahkan bersama dengan panitia.
LAMPIRAN II
KEPUTUSAN
DIREKTUR PEMBINAAN GURU PENDIDIKAN DASAR
DIREKTORAT JENDERAL GURU DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
Nomor : ………………
Tentang
Lampiran : Surat Keputusan Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Dasar
Nomor : …………..
Tanggal : ……………
DAFTAR NAMA
NARASUMBER PEJABAT ESELON, PENANGGUNGJAWAB KEGIATAN,
NARASUMBER, PESERTA DAN PANITIA
WORKSHOP PENULISAN JURNAL GURU DIKDAS
NARASUMBER ESELON
NO | NAMA | INSTANSI |
1 | Dra. Poppy Dewi Puspitawati, MA | Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar |
2 | Dr. Meliyanti | Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar |
NARASUMBER
NO | NAMA | INSTANSI |
1. |
|
|
2. |
|
|
3. |
|
|
4. |
|
|
5. |
|
|
6. |
|
|
7. |
|
|
8. |
|
|
PENANGGUNGJAWAB
NO | NAMA | INSTANSI |
1 |
|
|
PESERTA
NO | NAMA | ASAL SEKOLAH | KABUPATEN/ KOTA | PROVINSI | MATA PELAJARAN |
1. |
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
6. |
|
|
|
|
|
7. |
|
|
|
|
|
8. |
|
|
|
|
|
9. |
|
|
|
|
|
10. |
|
|
|
|
|
PANITIA
NO | NAMA | INSTANSI |
1 |
|
|
2 |
|
|
3 |
|
|
4 |
|
|
5 |
|
|
6 |
|
|
7 |
|
|
8 |
|
|
9 |
|
|
10 |
|
|
Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Dasar,
Poppy Dewi Puspitawati
NIP. 196305211988032001
LAMPIRAN III
JADWAL KEGIATAN
WORKSHOP PENULISAN JURNAL GURU DIKDAS BERPRESTASI
HARI KE-1
PUKUL | MATERI | KELAS A | KELAS B | |
12.00 - 14.00 | CHECK IN | |||
14.00 - 16.00 | REGISTRASI | |||
16.00 – 17.00 | Pembukaan: Kebijakan Dit. Pembinaan Guru Dikdas | Direktur Pembinaan Guru Dikdas | ||
17.00 – 18.00 | ||||
18.00 – 19.00 | ISHOMA | |||
19.00 – 20.00 | Jurnal dan Pengelolaannya |
|
| |
20.00 – 21.00 |
| |||
Hari Ke 2
PUKUL | MATERI | KELAS A | KELAS B |
08.00 – 09.00 | Jurnal dan Pengelolaannya |
|
|
09.00 – 10.00 | |||
10.00 – 10.15 |
| ||
10.15 – 11.15 | Jurnal dan Pengelolaanya |
|
|
11.15 – 12.15 | |||
12.15 – 13.00 |
| ||
13.00 – 14.00 | Teknik Penulisan Jurnal |
|
|
14.00 – 15.00 | |||
15.00 – 15.30 | COFFEE BREAK | ||
15.30 – 16.30 | Teknik Penulisan Jurnal |
|
|
16.30 – 17.30 | |||
17.30 – 19.00 |
| ||
19.00 – 20.00 | Teknik Penulisan Jurnal |
|
|
20.00 – 21.00 |
Hari ke 3
PUKUL | MATERI | KELAS A | KELAS B | |
08.00 – 09.00 | Penggunaan Bahasa dalam artikel ilmiah |
|
| |
09.00 – 10.00 | ||||
10.00 – 10.15 | COFFEE BREAK | |||
10.15 – 11.15 | Penggunaan Bahasa dalam artikel ilmiah |
|
| |
11.15 – 12.15 | ||||
12.15 – 13.00 | ISHOMA | |||
13.00 -14.00 | Penggunaan Bah dalam artikel ilmiah |
|
| |
14.00-15.00 | Gaya Selingkung |
|
| |
| ||||
15.00 – 15.30 | COFFEE BREAK | |||
15.30 – 16.30 | Gaya Selingkung |
|
| |
16.30 – 17.30 | ||||
17.30 – 19.00 | ISHOMA | |||
19.00 – 20.00 | Gaya Selingkung |
|
| |
20.00 – 21.00 | ||||
Hari Ke 4
PUKUL | MATERI | KELAS A | KELAS B |
08.00 – 09.00 | Plagiarisme |
|
|
09.00 – 10.00 | |||
10.00 – 10.15 | COFFEE BREAK | ||
10.15 – 11.15 | Plagiarisme |
|
|
11.15 – 12.15 | |||
12.15 – 13.00 | ISHOMA | ||
13.00 – 14.00 | Coaching Clinic |
|
|
14.00 – 15.00 | |||
15.00 – 15.30 | COFFEE BREAK | ||
15.30 – 16.30 | Coaching Clinic |
|
|
16.30 – 17.30 | |||
17.30 – 19.00 | ISHOMA | ||
19.00 – 20.00 |
|
|
|
20.00 – 21.00 |
LAMPIRAN IV
NO | MATA SAJIAN | LINGKUP MATERI | JP |
A | PROGRAM UMUM |
|
|
1 | Kebijakan Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar | 1. Kebijakan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan 2.Kebijakan tentang Kenaikan pangkat 3. Fungsi Publikasi Ilmiah bagi Profesi guru | 2 |
B | PROGRAM POKOK |
|
|
1 | Jurnal dan Pengelolaannya | 1. Hakikat Jurnal Ilmiah 2. Kategorisasi Jurnal Ilmiah 3. Pemanfaatan Jurnal Ilmiah 4. Pembuatan Jurnal Ilmiah 5. Pengelolaan Jurnal Ilmiah 6. Pengelolaan Jurnal Daring (Online) 7. Sistem Akreditasi Jurnal Ilmiah | 6 |
2 | Teknik Penulisan Artikel Ilmiah | 1. Tentang Artikel Ilmiah 2. Sistematika Artikel Ilmiah 3. Artikel Ilmiah Berdasarkan Penelitian 4. Artikel Ilmiah Berdasarkan Nonpenelitian 5. Teknik Parafrase (Paraphrasing) 6. Pedoman Penulisan Rujukan (Referencing Style) | 6 |
3 | Peggunaan Bahasa Dalam Artikel Ilmiah | 1. Karakteristik Bahasa Ilmiah 2. Diksi/Pilihan Kata 3. Kalimat Efektif 4. Pengembangan Paragraf 5. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia 6. Penggunaan Bahasa Asing dalam Artikel Ilmiah | 5 |
4 | Gaya Selingkung | 1. Memahami Gaya Selingkung 2. Gaya Selingkung Beberapa Jurnal 3. Format dan Sistematika Artikel pada Jurnal ini 4. Panduan Penulisan untuk jurnal ini 5. Beberapa Kekeliruan | 4 |
5 | Plagiarisme | 1. Tentang Plagiarisme 2. Aturan Hukum tentang Plagiarisme 3. Bentuk-bentuk plagiarisme 4. Plagiasi diri sendiri (Self-plagiarism) 5. Beberapa Aplikasi Deteksi Plagiasi 6. Praktek Deteksi Plagiasi | 5 |
C | PROGRAM PENUNJANG |
|
|
1 | Rencana Tindak Lanjut | 1. Rencana Perbaikan Artikel untuk dipublikasi (timeline) 2. Rencana sosialisasi ke teman sejawat 3. Rencana pengelolaan jurnal di wilayah kerja 4. Pemanfaatan jurnal | 2 |
2 | Coaching Clinic | 1. Penyampaian draft artikel 2. Review 1 oleh Nara Sumber 3. Revisi 1 oleh penulis 4. Review 2 oleh Mitra Bestari 5. Revisi oleh penulis | 4 |
3 | Penutupan |
| 2 |
TOTAL |
| 36 |
0 comments