Peran Pemerintah Dan Swasta Dalam Industri Pariwisata

Pariwisata merupakan satu bidang usaha yang sangat digerakkan saat ini baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Sektor pariwisata bisa mendatangkan banyak devisa bagi Negara jika mampu dikelola dan dikembangkan dengan maksimal sehingga mampu menarik banyak wisatawan asing untuk berkunjung dan mengadakan kegiatan pariwisata di Negara kita. Daya tarik pariwisata lokal harus mampu ditonjolkan dipromosikan ke berbagai Negara di dunia. Pariwisata di Negara kita tidak kalah menarik dengan dunia pariwisata di Negara –negara lain. Kemajuan industry pariwisata disuatu negara tentu tidak lepas dari peran pemerintah itu sendiri maupun peran swasta sebagai lembaga pengelolanya.

Maju dan berkembangnya industry pariwisata tentu tidak lepas dari politik pemerintah yang berlaku saat itu. Politik pemerintah yang mendukung perkembangan dunia pariwisata tentu sangat diharapkan kesinkronannya. Pertumbuhan industry pariwisata diharapkan lebih positif dari tahun ke tahun. Perkembangan industry pariwisata harus diupayakan oleh semua pihak yang terkit di bidangnya. Pemerintah dan industry pariwisata sangat terkait satu dengan lainnya yaitu baik antara politik pemerintah yang berlaku secara langsung maupun yang tidak langsung. Politik pemerintah yang langsung  terkait dengan industry pariwisata yaitu seperti sikap pemerintah terhadap kunjungan wisatawan luar negeri. Pemerintah harus banyak memberi kemudahan dalam pengurusan visa domestic maupun internasional untuk kepentingan pariwisata dan kemudahan – kemudahan lain dalam bentuk kebijakan yang saling menguntungkan dan tidak saling merugikan.

Politik pemerintah yang tidak langsung berhubungan dengan sector pariwisata juga harus mampu menjadi tameng bagi perkembangan industry pariwisata itu sendiri. Situasi dan kondisi politik yang stabil dalam pemerintahan, serta adanya perkembangan politik yang mendukung sector pariwisata tentu sangat diharapkan mampu tercipta dan terkondisikan dengan sangat baik. Faktor politik ekonomi juga harus mendukung perkemangan pariwisata itu sendiri. Dan yang tidak kalah pentingnya yaitu faktor keamanan dalam negara yang mampu menjamin para wisatawan aman dan tidak terancam keberadan maupun keselamatannya saat melakukan kegitan pariwisata di Negara kita.

Peran swasta dalam mengembangkan sector pariwisata juga sangat besar dan menjadi kunci keberhasilan dari pembangunan dan pengembangan pariwisata itu sendiri. Kebebasan peran pihak swasta sebagai pengelola bisnis pariwisata tentu saja harus dibuka selebar –lebarnya agar kreatifitas mereka dalam mengelola industry pariwisata bisa terasah dengan baik. Swasta sebagai pemilik modal tentu sangat berperan dalam menciptakan motivasi – motivasi baru dalam industry pariwisata maupun terobosan – terobosan unik dalam bisnis pariwisata agar bisnis yang dikelolanya menguntungkan. Pihak swasta dalam mengelola sebuah bisnis pariwisata tentunya sudah sesuai dengan kematangan dalam perhitungan untung dan ruginya. Mereka tidak tanggung – tanggung saat berinvestasi di bidang pariwisata karena adanya unsur keuntungan jangka panjang yang bisa mereka dapatkan dengan cara dan sistem pengelolaan tempat pariwisata yang baik, unik, dan menarik serta menyenangkan.

Peran pemerintah dan peran swasta dalam industry pariwisata sangat penting dan harus bisa berjalan beriringan dengan sama baiknya. Industri pariwisata yang baik akan memberi dampak kembali yang baik pula bagi pemerintah dalam bentuk pertambahan nilai devisa setiap tahunnya. Dampak kebaikan dari industry pariwisata yang berkembng dengan baik juga bisa dirasakan oleh pihak swasta sebagai pengelola indusri pariwisata itu sendiri dalam bentuk keuntungan bisnis yang tentunya tidak sedikit. Industri pariwisata yang berkembang dengan baik juga membawa dampak positif bagi masyarakat sekitarnya baik dalam hal peningkatan ekonomi maupun kesejahteraan masyarakat

 

 

 

0 comments