Call For Paper Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2018

SeNdiMat VI

Setelah lima kali menyelenggarakan Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SeNdiMat), PPPPTK Matematika kembali menyelenggarakan SeNdiMat yang ke-6 di tahun 2018 dengan tema

"Peran Pendidikan Matematika dalam Pengembangan Pembelajaran Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) untuk Menyongsong Generasi Emas 2045 Melalui Kecakapan Abad XXI."

Latar Belakang

Menyongsong Abad XXI, tantangan yang dihadapi oleh negara di beberapa belahan dunia adalah perubahan cara kita hidup dan bekerja dalam berbagai aspek kehidupan. Pekerjaan yang bersifat teknis-operasional dan manual, akan mulai banyak ditinggalkan dan bergeser pada pekerjaan yang bersifat otomatisasi, digitalisasi dan memerlukan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Profesi terkait Science, Technology, Engineering, Mathematics (STEM) akan menjadi profesi yang banyak diminati. Pada tahun 2025 Indonesia akan menerima bonus demografi yaitu jumlah penduduk usia produktif lebih banyak dari pada jumlah penduduk usia non-produktif. Indonesia juga berpotensi menjadi kelompok 7 negara dengan ekonomi terbesar di dunia.

Sementara itu, hasil PISA 2015 di bidang matematika menunjukkan lebih dari 80% siswa Indonesia berada di bawah level 4 dari 6 level yang diberikan. Hal itu berarti bahwa pada umumnya siswa Indonesia tidak mahir atau menguasai matematika yang dianggap menjadi bekal untuk kesuksesan di masa depannya. Demikian juga dengan Sains yang masih berada jauh di bawah rata-rata internasional.

Oleh karena itu, pendidikan kita menghadapi tantangan besar untuk membekali generasi bangsa dengan kecakapan abad XXI yang meliputi keterampilan berpikir kritis, kreatif, komunikasi, dan kolaborasi. Keterampilan tersebut dibangun dan dikembangkan dari keterampilan dasar, yaitu sains, matematika, dan literasi.

Pembelajaran dengan mengintegrasikan sains, teknologi, rekayasa, dan matematika, atau yang lebih dikenal dengan STEM yang mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi, menjadi penting untuk dikembangkan. Bagaimana mengintegrasikan matematika dengan sains, teknologi, dan rekayasa sehingga menjadi pembelajaran berbasis STEM?

Dengan dasar tersebut, PPPPTK Matematika menyelenggarakan Seminar Nasional Pendidikan Matematike ke-6 (SeNdiMat VI) dengan tema Peran Pendidikan Matematika dalam Pengembangan Pembelajaran STEM untuk Menyongsong Generasi Emas 2045 melalui Kecakapan Abad XXI.

Peserta

  1. Guru matematika (guru kelas dan guru mata pelajaran)
  2. Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah
  3. Widyaiswara matematika
  4. Dosen pendidikan matematika/matematika
  5. Mahasiswa pendidikan matematika/matematika
  6. Tenaga kependidikan matematika
  7. Peminat dan pemerhati pendidikan matematika/matematika

Pemakalah Yang Dibiayai

PPPPTK matematika menyediakan biaya bagi 58 pemakalah terpilih, meliputi biaya transportasi dan akomodasi selama di PPPPTK Matematika. Seleksi berdasarkan kualitas makalah lengkap. Pemakalah yang dibiayai adalah dari kalangan guru SD/MI, guru matematika SMP/MTS/SMA/MA/SMK/MAK, kepala sekolah atau pengawas sekolah

Waktu dan Tempat

Hari, Tanggal: Kamis dan Jumat, 15 dan 16 November 2018

Tempat: PPPPTK Matematika, Jl. Kaliurang Km. 6, Sambisari, Condongcatur, Depok, Sleman, DI Yogyakarta

Fasilitas

  • Seminar kit
  • Sertifikat
  • Makalah yang dipresentasikan diterbitkan dalam prosiding
  • Konsumsi (snack dan makan siang selama 2 hari)

Untuk informasi lengkap, Anda bisa mendownload Leaflet SeNdiMat VI melalui tautan di bawah ini

http://sendimat.p4tkmatematika.org/wp-content/uploads/2018/05/SeNdiMat-IV-2018.pdf


0 comments