Panduan Penulisan Soal 2017

Penilaian terhadap hasil belajar peserta didik merupakan salah satu kegiatan rutin 
dalam dunia pendidikan. Penilaian hasil belajar dilakukan antara lain untuk mendiagnosa 
kekuatan dan kelemahan peserta didik, memonitor perkembangan belajar peserta didik, 
menilai ketercapaian kurikulum, memberi nilai peserta didik dan menentukan efektivitas 
pembelajaran. Untuk tujuan-tujuan tersebut dapat digunakan berbagai bentuk dan 
instrumen penilaian. Namun tes tertulis sampai saat ini masih merupakan instrumen yang 
dominan digunakan dalam menilai hasil belajar peserta didik. 
Tes tertulis secara umum dapat dibedakan menjadi tes dengan pilihan jawaban 
(non-constructed response test), peserta didik hanya memilih dari jawaban yang 
disediakan, dan tes tanpa pilihan jawaban (constructed response test), peserta didik harus 
mengkonstruksikan jawabannya. Tes dengan pilihan jawaban sering dikritik karena 
dipandang tidak dapat mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking 
skill). Hal ini tidaklah benar, soal tes dengan pilihan jawaban dapat mengukur kemampuan 
berpikir tingkat tinggi, hanya penyusunannya memang tidak mudah. Di sisi lain tes tanpa 
pilihan jawaban (constructed response test) yang sering dipandang sesuai untuk mengukur 
kemampuan berpikir tingkat tinggi, bila tidak disusun dengan cermat bisa jadi hanya 
mengukur berpikir tingkat rendah. Kedua bentuk tes tersebut potensial untuk mengukur 
berpikir tingkat rendah dan tingkat tinggi, tergantung kejelian dalam penulisan soal. 
Oleh karena penulisan soal merupakan proses penentu kualitas tes maka penulisan 
soal perlu dilakukan secara sungguh-sungguh. Buku panduan penulisan soal ini merupakan 
upaya untuk membantu penulis soal menghasilkan soal yang berkualitas, termasuk soal 
yang mengukur berpikir tingkat tinggi. Kaedah penulisan soal, contoh-contoh yang 
diberikan diharapkan dapat memberikan ilustrasi bagaimana kedua bentuk tes baik tes 
dengan pilihan dan tes tanpa pilihan tersebut dapat digunakan untuk menilai hasil belajar 
peserta didik dan memberi informasi yang valid. 
Perlu disampaikan bahwa fokus panduan ini ialah penulisan soal tes tertulis 
khususnya tes berbentuk pilihan ganda dan tes uraian. Oleh karena itu bentuk penilaian 
lain seperti portofolio, tes lisan, projek tidak dibahas, namun bukan berarti bentuk 
penilaian tersebut tidak penting.

0 comments